Thursday, June 13, 2013

UNM KAMPUS ORANGE

Sejarah

  • 1 Agustus 1961 sampai dengan 31 Agustus 1964, berstatus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Hasanuddin, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 30 Tahun 1964 Tanggal 1 Agustus 1961.
  • 1 September 1964 sampai dengan Januari 1965 berstatus IKIP Yogyakarta cabang Makassar, berdasarkan SK Menteri PTIP No. 154 Tahun 1965 Tanggal 1 September 1965.
  • 5 Januari sampai dengan 3 Agustus 1999, berstatus mandiri dengan nama IKIP Makassar, berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 272 Tahun 1965 tanggal 5 Januari 1965. Pada fase ini, sejak 1 April 1972, IKIP Makassar berubah menjadi IKIP Ujungpandang dengan mengikuti perubahan nama Kotamadya Makassar menjadi Kotamadya Ujungpandang.
  • 4 Agustus 1999 sampai sekarang berstatus Universitas dengan nama Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia No. 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999. Sampai pertengahan tahun 2011, jumlah prodi D3 9 sebanyak prodi S1 sebanyak 58, prodi S2 sebanyak 12 sebanyak dan prodi S3 sebanyak 5.

Fakultas

Universitas Negeri Makassar, memiliki 9 Fakultas yaitu :

Fakultas MIPA

Fakultas MIPA merupakan salah satu pilar utama IKIP Makassar sejak didirikannya pada tahun 1965. Sebelumnya, masih berbentuk BI Negeri bersama BI Bahasa Indonesia. Pada tahun 1961, kedua kursus BI ini diintegrasikan kedalam Universitas Hasanuddin dan mejadi jurusan Ilmu Pasti dari FKIP. Setelah IKIP lepas dari UNhas dan berdiri sendiri sebagai IKIP Makassar, mula-mula bernama Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) IKIP Makassar, kemudian berubah menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) IKIP Ujung Pandang, setelah IKIP dikonversi menjadi UNM menjelma menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Pada tahun 1965, FKIE IKIP Makassar berdiri dari tiga jurusan, yaitu Ilmu Pasti, Ilmu Alam dan Ilmu Hayat dengan Dekan E. Agussalim Mokodompit M.A. Pada Tahun 2007, Fakultas MIPA UNM membawahi lima jurusan yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi. Setiap Jurusan mengasuh dua program Studi yaitu Program Studi Kependidikan yang menghasilkan Sarjana Pendidikan (S.Pd.) dan Program Studi nonKependidikan yang menghasilkan Sarjana Sains (S.Si.). Potensi Staff pengajar pada setiap jurusan sekitar 60% S2, 20% S3 dan sisanya S1. Dalam waktu dekat potensi staf pengajar tersebut akan berubah dengan selesainya mengikuti program S3 yaitu untuk jurusan Matematika, Fisika, dan Kimia. Antara Program Studi kependidikan dan non kependidikan memiliki kesamaan materi perkuliahan setara dengan enam semester (kurang lebih 100 SKS dari 147 - 150 SKS untuk penyelesaian program S1).

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik yang sebelum konversi IKIP menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) dikenal dengan nama Fakultas Keguruan Teknik (FKT) IKIP Yogyakarta Cabang Makassar, fakultas ini didirikan pada tanggal 1 September 1964.. Ketika itu FKT membuka 2 jurusan yaitu jurusan Teknik Mesin dan jurusan Teknik Sipil. Pada tanggal 5 Januari 1965 FKT IKIP Yogyakarta Cabang Makassar berubah menjadi FKT IKIP Makassar. Pada tahun 1978 FKT telah mengembangkan 4 jurusan yaitu jurusan Teknik Mesin, jurusan Teknik Sipil, jurusan Teknik Elektro dan jurusan Teknik Arsitektur. Pada tahun 1983, FKT berubah menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) dengan memiliki 6 jurusan, yaitu: jurusan Pendidikan Teknik Elektro, jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, jurusan Pendidikan Teknik Mesin, jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, dan jurusan PKK. Pada tahun 1999, Presiden RI memutuskan untuk merubah IKIP Ujung Pandang menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan Kepres No. 93 tahun 1999. Perubahan status dari IKIP menjadi Universitas mengakibatkan perubahan FPTK menjadi Fakultas Teknik (FT). Sejak berdirinya sampai sekarang, FT UNM telah dipimpin oleh Dekan, yaitu: Prof. DR. IR. Ramli Cambari Saka (1964-1966), Drs. R. Martoyo (1966-1971), Drs. H.M. Said Mochtar (1971-1977), Drs. H. Abdullah DP (1977-1979), Drs. M. Junus (1979-1986, 1990-1996 dan 2000-2004), Drs. H. Muh. Said Wela (1987-1990), Drs. H. Abd. Mannan, M.A (1997-2000), Drs. H. Aminuddin Bakry, M.S (2004-2008), dan Prof. DR. Husain Syam, M.TP (2008-2012).

Fakultas Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM adalah Lembaga Pendidikan penghasil tenaga ahli yang profesional dalam bidang kependidikan dan non kependidikan di bidang keolahragaan, memiliki SDM yang berkualitas tinggi dan prasarana-sarana oalahraga yang bertaraf nasional. Alumninya telah mencapai sekitar 5000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Fakultas Ilmu Pendidikan

Keberadaan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) di Universitas Negeri Makassar tidak dapat dilepaskan dari sejarah berdirinya IKIP Ujung Pandang sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Semula IKIP Ujung Pandang sebagai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari Universitas Hasanuddin Makassar, yaitu berdasarkan SK Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 30 Tahun 1961. Dalam FKIP ini terdapat beberapa jurusan, salah satunya adalah Jurusan Ilmu Pendidikan. Pada awalnya jurusan/program studi yang ada pada FIP meliputi jurusan Pendidikan umum yang kemudian berganti nama Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Jurusan Administrasi PEndidikan (AP), dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan yang kemudian berganti pada tahun 1985 didirikan Program Pendidikan Luar Biasa (PLB), tahun 1990 berdiri program D-II PGSD, tahun 1997 berdiri program D-II PGTK. Tahun 1999 berdiri program psikologi. Jadi sampai saat ini ada lima jurusan dan delapan program studi dalam lingkungan FIP. Namun pada tahun 2002 Program Psikologi yang sudah menjadi Jurusan Psikologi memisahkan diri dari FIP dan langsung dibina oleh Rektor UNM.asran siara

Fakultas Ilmu Sosial

Pada tahun 1965, fakultas ini bernama Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS) dengan dekan pertama Drs. Abdul Karim. FKPS merupakan salah satu pilar utama pada saat pembentukan IKIP Makassar. Sebelum menjadi fakultas dalam lingkungan IKIP Makassar, berbentuk program/kursus BI yang terdiri atas BI Hukum, BI Ekonomi, dan BI Sejarah. Setelah Kursus BI diintegrasikan dalam Universitas Hasanuddin pada tahun 1961, kursus BI tersebut menjadi jurusan Civic Hukum, Jurusan Ekonomi Koperasi, Jurusan Ekonomi Perusahaan, Jurusan Sejarah, dan Jurusan Ilmu Bumi dalam lingkungan FKPS-IKIP Makassar. Sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga induknya, nama FKPS kemudian berubah menjadi FKIS atau Fakultas Keguruan Ilmu Sosial, selanjutnya berubah lagi menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Setelah konversi, FKIS menjelma menjadi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial disingkat FEIS. Pada tahun 2007, FEIS membawahi lima jurusan, yaitu: Jurusan PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Manajemen, dan Sosiologi, dengan Dekan Drs. Amiruddin, M.Pd. Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada tahun 2006/2007 sebanyak 1899 orang dengan jumlah dosen 125 orang. Kampus FEIS berada di Kampus Induk Gunungsari Baru, Jalan A.P. Petta Rani, Makassar. Pada tahun 2008 dengan SK Rektor Nomor 6822/H.36/KL/2007, tentang pembentukan Fakultas Ekonomi sehingga FEIS berubah menjadi FIS dengan jurusan/prodi PPKn, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Administrasi Perkantoran,

Fakultas Bahasa & Sastra

Fakultas Bahasa dan Sastra merupakan salah satu fakultas dalam lingkungan Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 227/O/1999, tanggal 14 Oktober 1999. Pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 277/O/1999 tentang struktur organisasi Universitas Negeri Makassar ditetapkan tugas pokok dan fungsi UNM. Tugas pokok UNM adalah menyelenggarakan pendidikan dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu, teknologi dan/atau kesenian tertentu. Fungsi UNM yaitu pelaksanaan dan pengembangan pendidikan tinggi, pelaksanaan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian, pelaksanaan pengabdian pada masyarakat, pelaksanaan pembinaan civitas akademika dan hubungannya dengan lingkungan dan pelaksanaan kegiatan layanan administratif. Sebagai unsur pelaksana akademik, FBS mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rumpun keilmuannya, yaitu Bahasa dan Sastra. Selain tugas tersebut, fakultas mempunyai fungsi: (1) mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan rumpun keilmuan fakultas, (2) mengembangkan pembinaan dosen, mahasiswa, dan tenaga administrasi di tingkat fakultas, dan (3) mengembangkan pelayanan administrasi di tingkat fakultas. Sejak tahun 2008, Fakultas Bahasa dan Sastra membawahi tiga jurusan yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Asing/Jerman. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia membina 2 (dua) Program Studi (PS) yakni: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa Inggris membina 3 (tiga) Program Studi (PS) yakni: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Sastra Inggris, dan Program Studi Bahasa Inggris Diploma Tiga (Business English). Jurusan Pendidikan Bahasa Asing membina Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. arul

Fakultas Psikologi

Ketika IKIP Ujung Pandang dikonversi menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) pada bulan April 1999, Program Studi psikologi belum mendapat persetujuan untuk dibuka. Berdirinya Program Studi Psikologi diawali dari adanya surat rekomendasi dari Konsorsium Psikologi keluar pada bulan Mei 2000. Surat izin pengoperasian Program Studi Psikologi keluar dari Ditjen Dikti Depdiknas, dengan berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Atas dasar itu, dimulailah penerimaan Mahasiswa baru pertama pada tahun ajaran 2000/2001. Berdasarkan surat Dirjen Dikti Depdiknas pada tahun 2002, Progam Studi Psikologi mengalami meningkatan status menjadi Jurusan Psikologi yang disetarakan dengan Fakultas lainnya dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor Universitas Negeri Makassar. Program studi Psikologi terus berkembang, dan perannya makin diperlukan. Alasan ini menjadi salah satu pertimbangan penting perubahan status program studi menjadi fakultas. Melalui Keputusan Rektor UNM Nomor 4820/J38.H/HK/2006, Program studi Psikologi resmi berubah status menjadi Fakultas. Organisasi dan Tata Kerja Fakultas Psikologi UNM diatur dalam keputusan Rektor UNM Nomor 16 A/J38.H/OT/2007. Jurusan Psikologi telah diakreditasi pada tahun 2005 dengan nilai C. Akreditasi berikutnya pada tahun 2011 dan telah menjadi fakultas psikologi, dan saat ini masih menunggu hasilnya dari BAN PT. Saat ini Psikologi telah berusia 11 tahun (menjadi jurusan selama 6 tahun dan dan menjadi fakultas selama 5 tahun). Civitas akademika Fakultas Psikologi UNM selalu memperingati hari Ulang tahunnya setiap tanggal 28 Mei dengan berbagai kegiatan (Asri Ismail)

Fakultas Ekonomi

FEIS UNM yang membina mahasiswa di bidang ilmu Ekonomi dituntut untuk dapat memenuhi permintaan dan animo masyarakat sekaitan dengan perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan dan bidang Ekonomi, baik dunia bisnis maupun industri. Sebagai solusi untuk merespons tantangan tersebut diatas, maka dianggap sangat mendesak adanya Fakultas Ekonomi (FE) yang berdiri sendiri terpisah dari FEIS, maka diterbitkanlah Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tingi Departemen Pendidikan Nasional dengan No. 2875/D/T/2007 tanggal 27 September 2007 yang menyetujui usulan pembukaan Fakultas Ekonomi pada UNM. Fakultas Ekonomi UNM ini menaungi: Jurusan / Prodi Manajemen (S1), Jurusan Pendidikan Ekonomi yang terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Akuntansi (S1), dan Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1 Passing Out). Menindaklanjuti surat DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS tersebut diatas, maka diterbitkan Surat Keputusan Pembukaan Fakultas Ekonomi UNM dan SK Rektor Universitas Negeri Makassar No. 6822/H.36/KL/2007 tentang pembukaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar tanggal 27 Nopember 2007.

Fakultas Seni & Desain

Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar, merupakan satu-satunya fakultas yang membina secara lengkap bidang kesenian pada perguruan tinggi di Indonesia saat ini. Cikal bakal Fakultas Seni dan Desain UNM berawal dari Jurusan Pendidikan Kesenian berdiri sejak tahun 1970 di bawah Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) IKIP Ujung Pandang saat itu, dengan program studi yang dibuka yakni Pendidikan Kesenian jenjang Sarjana Muda. Pada saat konversi IKIP Ujung Pandang menjadi Universitas Negeri Makassar tahun 1999 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93/1999 Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan dengan Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Program Studi Pendidikan Sendratasik berubah menjadi Jurusan Seni Rupa dengan program studi tetap. Sejak IKIP konversi menjadi UNM Jurusan Seni Rupa mulai memikirkan untuk mengembangkan diri menjadi Fakultas Seni dan Desain. Keinginan Jurusan Seni Seni Rupa menjadi Fakultas Seni dan Desain dipicu oleh sumber daya dan potensi budaya yang ada dikawasan Timur Indonesia yang perlu dilestarikan, didokumentasikan, dan direvitalisasi melalui jalur pendidikan formal sehingga budaya lokal tetap dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya. Harapan tersebut menjadi kenyataan dengan terbitnya surat persetujuan Departemen Pendidikan Nasional melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2874/D/T/2007 tanggal 27 September 2007 yang menyetujui pembentukan Fakultas Seni dan Desain.

Rektor

  1. Prof. Arnold Mononoetoe (1961)
  2. Prof. Idrak Yasin. MA (1965)
  3. Mayjen A.A Rivai (1965)
  4. Prof. Edy Agussalim Mokodompit. MA (1965 - 1974)
  5. Drs Abdul Karim (1974 -1982)
  6. Prof. Dr. Paturungi Parawansa (1982 - 1990)
  7. Prof. Dr. Syahruddin Kaseng (1990 - 1999)
  8. Prof. Dr. M. Idris Arief. MS (1999 - 2007)
  9. Prof. Dr. Arismunandar. M.Pd (2008 - Sekarang)

Kampus

  1. Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar)
  2. Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar)
  3. Kampus III Banta - Bantaeng (Kota Makassar)
  4. Kampus IV Tidung (Kota Makassar)
  5. Kampus PGSD (Kabupaten Bone)
  6. Kampus PGSD (Kota Pare Pare)

Fasilitas

Fasilitas Umum
Beberapa sarana dan fasilitas umum yang diperlukan dan tersedia di kampus UNM antara lain Poliklinik, BNI Kantor Kas Pembantu UNM, Bank Mandiri Kantor Kas UNM, Auditorium, Masjid, tempat ibadah, Asrama mahasiswa, Guest House, sarana olah raga dan kesenian, kafetaria, kantin, toko dan koperasi, tempat parkir, Wartel.
Poliklinik
Layanan terhadap pemakai jasa medis ditangani oleh 3 dokter umum, 1 dokter ahli penyakit jantung , 1 orang perawat, 1 orang perawat bidan, 1 orang asisten apoteker, 1 orang perawat gigi, 1 orang tenaga Lab, 1 orang tenaga administrasi dan 1 orang tenaga pembersih. Layanan dokter dilakukan tiap hari kerja pada pukul 11.30 – 13.00; untuk pelayanan khusus penyakit jantung pada hari Senin pukul 11.00 - 13.00, dan layanan lainnya pada pukul. 08.30 – 15.00. Jenis layanan yang dapat diperoleh antara lain: kesehatan umum, dan surat keterangan dokter untuk keperluan adminisrasi bagi mereka yang memerlukan.
Masjid Nurul Ilmi
Di lingkungan kampus UNM Gunungsari Baru terdapat masjid Nurul Ilmi yang luasnya sekitar 850 m2. Pembangunan mesjid ini merupakan hasil swadaya warga UNM dan sumbangan dari pemerintah. Di kampus Banta-Bantaeng terdapat mushallah yang luasnya 30 m2, dan untuk kampus Parangtambung terdapat juga sebuah masjid.
Asrama Mahasiswa
Untuk menampung mahasiswa yang kurang mampu, maka UNM Makassar menyiapkan asrama mahasiswa. Asrama mahasiswa tersebut masing-masing ditempatkan di Kampus III Banta-Bantaeng, Kampus UPP PGSD Tidung, UPP PGSD Pare-Pare, dan UPP PGSD Bone.
Auditorium/Aula
UNM mempunyai 1 buah auditorium yang diberi nama Auditorium Amannagappa yang luasnya 2430 m2 dan aula Lanto Dg. Pasewang yang luasnya 427 m2. Kedua gedung pertemuan tersebut difungsikan sebagai tempat kegiatan sivitas akademika di lingkungan UNM bahkan dapat dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan pemakainnya.
Sarana Olahraga
Untuk sarana Olagraga UNM sudah banyak menyiapkan pada beberapa kampus yang tersebar di beberapa tempat yang terpisah, masing-masing pada Kampus Gunungsari terdapat sarana olahraga berupa beberapa lapangan tennis, lapangan bulu tangkis dan lapangan bola volli yang setiap hari dipergunakan oleh sivitas akademik. Sedangkan pada Kampus III Banta-bantaeng terdapat banyak sarana olahraga berupa stadion sepak bola, kolan renang, gedung olah raga, ring tinju dan gedung latihan senam.
Sarana Kesenian
Sarana pentas seni drama bagi mahasiswa seni sebagai media pengembangan minat, bakat dan kreasi seni mahasiswa yang terletak di Kampus II UNM Parangtambung.
Koperasi Karyawan
Di lingkungan UNM didirikan koperasi pegawai negeri yang dinamakan Koperasi Karyawan (Lokal) KPN UNM yang anggotanya terdiri dari dosen dan tenaga administrasi. Jumlah anggota KPN UNM 11.85 orang. Bidang usaha yang dioperasikan mencakup dua bidang yaitu simpan pinjam dan cicilan barang, kebutuhan – kebutuhan pokok dan foto copy.
Yayasan Pembina
Selain KPN UNM, dibentuk pula yayasan pembina kesejahteraan UNM. Dan bidang usahanya memberikan simpan pinjam kepada pegawai negeru UNM dengan bunga yang rendah. Juga memberikan cicilan barang-barang elektronika kepada pegawai negeri UNM.
Ikatan Alumni
Untuk menjalin hubungan antar alumni UNM, maka dibentuk Ikatan Alumni UNM Makassar, dan gedung alumni bertempat di lingkungan kampus Parang Tambung.

Organisasi Kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan terdiri atas organisasi intra dan organisasi ekstra Universitas. Berikut Organisasi Intra Universitas yang ada di Universitas Negeri Makassar
  • MAPERWA
Maperwa merupakan singkatan dari "Majelis Permusyawaratan Mahasiswa" adalah organisasi kemahasiswaan yamg merupakan perwakilan mahasiswa, menanmpung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa , melaui Penetapan garis besar program kerja (GBPK) yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Maperwa terdapat pada tingkat Universitas.
  • BEM
Badan Eksekutif Mahasiswa adalah lembaga perwakilan mahasiswa untuk menjabarkan dan melaksanakan GBPK dalam bentuk program kerja sesuai dengan yang ditetapkan oleh Maperwa.
  • UKM
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah satuan organisasi kemahasiswaan yang berfungsi menampung dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan bakat dan kegemaran mahasiswa masing - masing di tingkat Universitas
  • HMJ
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa ditingkat Jurusan.
  • HMPS
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) adalah organisasi kemahasiswaan yang merupakan badan pelaksana pengembangan penalaran dan keilmuan mahasiswa ditingkat Program studi.

No comments :

Post a Comment